Adapun langkah-langkah yang dilakukan adalah sebagai berikut :
1. Buat suatu formulir pengelompokan, buku harian dan alat-alat lain yang digunakan untuk merekam dan meringkas data pada tingkat yang berbeda.
2. Lakukan penilaian mutu data tersebut yang sedang dikumpulkan dengan menggunakan formulir-formulir yang berbeda pada tiap tingkatan. Diantara aspek tersebut termasuk didalamnya penilaian mengenai :
- Ketelitian (Accuracy)
- Kelengkapan (Completeness)
- Ketercukupan (Adequacy)
- Ketepatan Waktu (Timeliness)
4. Tentukan status yang ada dari komponen-komponen yang lain dari HMIS seperti :
- Pengolahan data
- Analisis data
- Penyebaran data
- Penyediaan dan logistic
- Pengembangan Staf
- Koordinasi, kerjasama dan komunikasi didalam atau diantara unit-unit yang berbeda di Departemen Kesehatan, dan juga pihak-pihak terkait diluar Departemen Kesehatan.
- Dipertahankan
- Dirubah
- Dihapuskan
7. Diskusikan hasil-hasil penilaian tersebut kepada pejabat yang terkait atau berwewenang.
Ada beberapa isu penting yang masih harus dipikirkan dalam mengkaji ulang system informasi yang telah berjalan diantaranya adalah :
1. Siapa yang mempunyai wewenang untuk membuat penilaian?
2. Ketersediaan tenaga ahli teknis dan sumber daya untuk melakukan penilaian.
3. Kerjasama di antara unit-unit yang berbeda di dalam proses penilaian; keterlibatan dari end-users pada semua tingkat.
http://simkesugm2008.wordpress.com/2008/12/11/mengkaji-ulang-sistem-yang-sudah-berjalan/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar